alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ponsel realme 5s Kian Menarik dengan Upgrade 48MP Quad Camera

Muhammad Iqbal Marsyaf

JAKARTA - Ponsel realme kembali melakukan kejutan. Belum lama meluncurkan realme XT, bersamaan dengan realme X2 Pro mereka memperpanjang jajaran realme 5 dengan realme 5s.

Dalam hal desain, ukuran, dan perangkat keras, realme 5s hampir identik dengan realme 5. Tetapi, pengaturan kamera mungkin menjadi pembeda utama keduanya. Realme 5s menggembar-gemborkan sensor utama 48MP lebih mumpuni, yang juga ditemukan pada 5 Pro. Sementara tiga kamera lainnya di belakang masih seragam dengan anggota keluarga lain.

Mungkin aman untuk mengatakan bahwa realme 5s hanyalah penyegaran perangkat keras dari realme 5 yang diluncurkan sekitar dua bulan lalu. Jika dilihat dari benderol harganya, smartphone itu seharusnya bisa dengan mudah menjadi kandidat yang paling masuk akal untuk dimiliki. Berikut penilaian kami saat menguji realme 5s:



Desain dengan Tambahan Warna Baru
Gradien merah pada unit realme 5s yang saya pegang terlihat memukau. Membuat Anda merasa seolah-olah sedang melihat ponsel dengan bodi kaca. Selain warna merah, di Indonesia smartphone ini juga tersedia dalam balutan warna biru. Tampilan handphone secara keseluruhan mengesankan mengingat bahwa realme 5s memiliki bodi serba plastik.

Mungkin Anda berasumsi penggunaan material plastik akan memberikan impresi murah. Tetapi hebatnya pada realme 5s impresi tersebut tidak tercipta. Hasil akhir mengesankan, dan bagian sekeliling yang bertesktur matte membantu dalam urusan cengkeraman. Warna merah mengilap membuatnya terlihat bagus bahkan dengan menggunakan case yang sudah disertakan dalam paket penjualan.

Saat mengangkat smartphone, Anda akan langsung merasa bahwa realme 5s layaknya realme 5 yang memiliki bobot agak berat. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh penggunaan baterai berkapasitas 5.000mAh. Hal ini juga sebenarnya menyumbang ketebalan bodi. Tapi saya tidak begitu terganggu saat digenggam di tangan karena sisi-sisinya melengkung sehingga mudah dipegang.

Quad Camera Di-Upgrade ke Resolusi 48 MP
Seperti yang disebutkan sebelumnya, perbedaan utama antara realme 5s dengan pendahulunya yaitu, realme 5 adalah pada pengaturan kamera di bagian belakang. Sementara kamera ultra-wide angle tetap sama dengan resolusi 8 MP digabungkan dengan kamera sensor kedalaman 2 MP dan kamera ultra-macro 2 MP, kamera utama realme 5s mendapatkan upgrade yang signifikan.

Dari awalnya beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8, realme 5s diperkuat sensor 48 MP baru dengan dukungan teknologi pixel-binning dan besaran aperture yang sama f/1.8. Hasil foto dari kamera baru ini akan memberikan nuansa yang cerah menghasilkan foto yang jauh lebih baik. Realme mengatakan, kamera dengan lensa ultra-wide-nya memiliki bidang pandang 119 derajat.



(mif)