alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

SMAN 1 Ngaglik Sleman Dikukuhkan Jadi Sekolah Siaga Kependudukan

Priyo Setyawan

SLEMAN - Pemda DIY mulai menerapkan program sekolah siaga kependudukan. Sebagai tindaklanjutnya beberapa sekolah telah dicanangkan sebagai sekolah siaga kependudukan. Satu di antaranya SMAN 1 Ngaglik, Sleman yang pencanangnya dilaksanakan Senin (11/11/2019).

Plt. Kepala Perwakilan badan koordinator keluarga berencana nasional (BKKBN) DIY, Rohdiana Sumariati mengatakan, sekolah siaga kependudukan merupakan sekolah yang peduli terhadap berbagai permasalahan kependudukan dengan memasukkan isu-isu tentang kependudukan dalam materi pembelajaran siswa.

“Jadi implementasi sekolah siaga kependudukan ini nantinya permasalahan atau isu-isu kependudukan akan dimasukkan ke dalam materi pembelajaran. Dan ini (isu kependudukan) tidak masuk ke dalam kurikulum, tapi lebih fleksibel saja,” kata Rohdiana soal program sekolah siaga kependudukan, Senin (11/11/2019)



Rohdiana menjelaskan pembentukan sekolah siaga kependudukan ini menjadi penting sebagai upaya mengantisipasi permasalahan kependudukan yang ada khususnya di wilayah Sleman.

“Permasalahan kependudukan ini sendiri kan sangat luas, seperti contoh tindakan klitih oleh remaja dan permasalahan lainnya. Ini yang kita intervensi dan kita beri pemahaman kepada para siswa,” jelasnya.

Rohdiana juga memaparkan bahwa pada tahun 2019, BKKBN DIY mentargetkan semua kabupaten dan kota sudah memiliki sekolah yang dicanangkan sebagai sekolah siaga kependudukan. Sementara pada tahu 2020, Dia menyebut sekolah di semua kabupaten dan kota diharapkan akan dicanangkan sebagai sekolah siaga kependudukan.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun menambahkan, program sekolah siaga kependudukan merupakan sebuah terobosan untuk menyiapkan generasi muda menjadi sumber daya manusia yang unggul.

“Saya mengharap program ini dapat membantu Pemkab Sleman dalam mewujudkan anti seks bebas serta menghindarkan generasi muda dari narkoba,” tambahnya.

 



(mif)