alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Komjen Idham Aziz Hari Ini Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR

Abdul Rochim

JAKARTA - Hari ini, Rabu (30/10/2019) calon tunggal Kapolri Komjen Pol Idham Azis akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di ruang Komisi III DPR RI.

Dalam agenda yang dikeluarkan Setjen DPR, ada sejumlah rangkaian sebelum dan sesudah fit and proper test dilakukan. Pertama, anggota Komisi III pagi ini terlebih dahulu akan mengawali dengan kunjungan ke kediaman calon Kapolri pada pukul 09.00 WIB.

Setelah selesai, Komisi III akan menerima masukan dari masyarakat di ruang Komisi III. Sekitar pukul 13.00-15.00 WIB, fit and proper test digelar. Selanjutnya pukul 16.00 WIB digelar rapat pleno komisi dalam rangka pengambilan keputusan fraksi-fraksi.



Selanjutnya pada Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 10.00 WIB, hasil fit and proper test akan dibawa ke rapat Bamus dan pukul 14.00 WIB disampaikan di rapat paripurna untuk diambil keputusan.

Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengatakan, fit and proper test calon Kapolri merupakan agenda pertama Komisi III. "Kami menjamin semua tahapan dalam uji kelayakan dan calon Kapolri berlangsung independen, transparan, dan taat hukum," ujar Herman Herry seusai dilantik sebagai Ketua Komisi III, Selasa (29/10/2019).

Diketahui, pada 23 Oktober DPR telah menerima surat presiden terkait penunjukan Komjen Pol Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri. Badan Musyawarah Pimpinan DPR sudah menugaskan Komisi III untuk melakukan fit and proper test calon Kapolri.

Dikatakan Herman Herry, berdasarkan instruksi ketua dan pimpinan DPR, Komisi III akan bergerak cepat melaksanakan fit and proper test tersebut. Selain itu, mengingat adanya kekosongan jabatan Kapolri setelah Jenderal Tito Karnavian ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). "Maka dari itu Komisi III akan memulai proses fit and proper test pada Rabu 30 Oktober 2019," katanya.

Menurut Herman Herry, kunjungan ke rumah calon Kapolri pagi ini dalam rangka mengetahui latar belakang keluarga calon Kapolri. "Fit and proper test dengan mendengar visi dan misi calon Kapolri dilanjutkan dengan pendalaman dari masing-masing fraksi terkait visi dan misi tersebut (terbuka untuk umum), penetapan tingkat 1 di Komisi III, dan penetapan tingkat 2 dalam sidang paripurna," urainya.

Secara pribadi, Herman Herry menilai sosok Komjen Pol Idham Aziz adalah figur yang sangat berpengalaman, memiliki karakter yang dingin dan penuh perhitungan. "Tentunya ini merupakan modal yang sangat baik bagi beliau untuk memimpin institusi Polri. Komisi III berkomitmen melakukan proses ini secara terbuka dan profesional," paparnya.



(nun)